Halaman

Kamis, 07 Maret 2013

Keberagaman Antar Agama

 Asalamualaikum wr.wb....
Salam sejahtera bagi kita semua...
Om swastyastu....
Salam Omituhud...
dan Salam untuk yang lainnya...

Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit pendapat sekiranya dapat sekedar berbagi pengetahuan, jika dalam tulisan ini terdapat kata - kata yang kurang berkenan para saudara tentang pendapat saya meminta permohonan maaf yang sebesar besarnya dan sebenarnya saya tidak memngingankannya juga. Mari kita isi perbedaan ini sebagai pemersatu yang saling mengindahkan dan menambah kerukunan bagi kita semua.
 
bagroud saya sendiri adalah seorang muslim jadi disini saya dominan mengetahui agama yang saya anut dari pada agama yang lainnya, tetapi saya akan bersifat universal dalam kesempatan kali ini, jadi bisa di ibaratkan/umpamakan saya memeluk semua agama pada kesempatan ini.

Para pembaca sekalian pasti tau tentang almarhum presiden gus dur yang telah wafat, dari pemimpin kita satu ini ada yang sangat menarik perhatian saya dari karya beliau yaitu yg kita kenal Sholawat gusdur syi'ir tanpo waton, sholawat adalah bahasa arab yang berarti do'a,ibadah,rahmat tuhan, berkah. atau dongo(jawa), Pray(inggris). dari kata - kata tersebut saya melihat kata - kata sbb :

Duh bala kanca pria wanita
Ojo mung ngaji syari’at blaka
Gur pinter dongeng ,nulis lan maca 
Tembe mburine bakal sengsara
         Akeh kang apal qur’an hadist’e
     Seneng ngafirke marang liyane
     Kafire dewe ga’ digatekke
     Yen isih kotor ati akale

sumber: http://nurhamim86.blogspot.com

ada kata-kata yang sengaja saya garis bawahi diatas yang artinya
 " jangan hanya mengkaji syari'at....sukanya mengkafirkan yang lain , kafirnya sendiri tidak diperhatikan "

tentu saja mempunyai pesan moral terhadap kita semua, dan setelah itu saya berpendapat mengapa gus dur membenarkan semua agama walaupun dia orang penting di NU organisasi besar agama islam, dia juga berjasa mengesahkan agama lain, dari baground pendidikan dia dapat menguasai berbagai bahasa asing, mendapatkan banyak penghargaan,gelar doktor dari berbagai negara pula, saya yakin beliau lebih pandai dan cerdas dari pada saya yang goblok ini. akan tetapi penbenaran semua agama yang dilakukan beliau dianggap salah terhadap bebrapa golongan yang saya jumpai di internet. toh itu juga pendapat maka saya akan hargai.

Sa'at saya masih remaja banyak pertanya'an yang belum terjawab dan sangat menganjal dalam hidup saya, membuat keyakinan saya diuji saya pernah tanya jawab dengan seseorang saya memanggilnya "Bang Ali"yang kemudian mengubah mainside saya, akan tetapi sampai sekarang pun belum ada yang bisa menjawab, jikalau ada para pembaca bersedia menjawab saya akan sangat berterima kasih.

statement yang sama dikeluarkan Para Kyai yang saya temui, Teman, dan adik kandung saya juga berkata seperti ini:
kita ibaratkan mereka A dan saya B
.dan saya pada waktu itu bersifat Universal/menganut semua agama walaupun saya islam.

A  : Agama islam itu adalah Agama yang paling benar dan semua yang beragam islam akan masuk surga sekecil apapun keyakinan mereka bermodalkan Syahadat(Kesaksian) saja. berbeda dengan agama selain islam yaitu orang kafir, mereka akan masuk neraka,karna sudah dijelaskan dan tertulis dalam al-quran ( Kitab Islam ).

B  : ya itu kan menurut islam, kitab dan ajarannya to mas. kalo menurut q agamaku bener selain agamaku masuk neraka, hehe

A  : ooo....brati kamu meragukan agamu dewe le....le...(agamamu sendiri)

B  : sebentar to...aku kan gak bilang begitu pak yai...cuma pada sa'at ini saya beragama selain islam, ibaratkan saja boleh to sayang...!

A  : Ngapain kayak gitu?!! seseungguhnya agama yang haq dan benar itu adalah islam udah ada di ayat, kurang kerja'an!!

B  : Sekarang aku mau tanya sama kamu, kalau jawaban kamu bisa pas dan klop sama atiku kamu suruh aku nyemplung sumur aku langsung nyemplung..!!!kamu bilang agama islam itu paling bener to ?!!! yang lainnya islam kafir to ?!!

A  : ho'o..la pie? ( iya, lantas gmn )

B  : Sekarang jawab , kita beragama islam karna  pemerintahan terakhir nabi muhamad s.a.w menurut ajaran islam. aku tanya karo koe !! ( q tanya sama kamu )
apakah nabi masuk neraka ?

A  : Ya ngak to...edan kamu

B  :  sebelum nabi muhamad seperti ismail,ibrahim,musa,isa apakah mereka beragama islam ?

A : ngak

B  :mereka ada sebelum islam ada, Apakah mereka Sholat, puasa?

A  : ya ngak berarti

B : Apakah mereka kafir? apakah mereka masuk neraka ? katamu nabi gak masuk neraka sayang!

A  : ya beda to, orang mereka nabi koq. nabi itu orang pilihan. makannya kamu itu banyak baca alquran biar tau.koplak!!!

B  : oooo beda padahal mereka bukan islam

A  : iyo kang masss

B  : Bagaimana dengan  saudara kita yang hidup di pedalaman - pedalaman, pernah lihat TV etnic runway ngak ? lo ngak brati kamu manusia purba , hehe!! jangankan agama, mereka berpakaian aja belum, belum bisa baca, tulis apalagi tau tentang agama, mereka belum tau agama , belum tau islam , kristen,hindu, katolik,budha dll. apakah mereka kafir ?!! masuk neraka bro ?!!
lalu bagaimana dengan orang yang bisu, tuli, dan buta dari lahir, dia tidak dapat mendengar, membaca, dan mengucap dan tentunya dari lahir tidak akan bisa mendengar apa itu agama, apa itu sahadat,apa itu sholat dsb.


A  : ya itu hanya tuhan yang tau, makanya kita harus besyukur kepada Allah karna kita terlahir dengan keadaan Islam

B  : Beruntung ? berari Tuhan gak Adil dong,!!! meberikan keberuntungan hanya untuk yang beragama islam, la bagaimana nasib orang yang belum tau agama sama sekali kayak mereka?!! mau dimasukin neraka ?!! wah ga adil banged, bukankah tuhan itu segala maha, maha adil. bukankah kita dilahirkan dalam keadaan yang sama, suci, ga punya dosa, mungil, unyu -unyu layaknya baby diseluruh dunia. jawaban kamu ga klop dengan hati nuraniku, nyemplung sumur sendiri sana.!!hehe

A  : ya kalo itu hanya Tuhan yang tau, aku gak tau, itu urusan tuhan

B  : maknya to..kalau kamu gak tau , itu urusan tuhan, jangan sok tau tentang benar dan salah, hanya tuhan yang berhak menilai itu benar salah, itu kehendak tuhan to ? kamu gak berhak ngejudge salah dan benar pada suatu agama. kita yang sama - sama gak tahu masih tau kulit...cangkang, sepet, untuk menuju isi dibutuhkan suatu pengorbanan dan kerja keras yang hebat. sama - sama tau kulit kayak kita itu masih berarti masih goblok dalam urusan agama.

A  :  La trus gmn ?

B  :  ya hilangkan rasa paling benarmu itu, karna itu menyesatkan sayang, kamu tau to sekarang kenapa teroris yang make jubah sama berjenggot itu berbuat keji layaknya binatang ato apalah , untuk menuntut suatu ilmu kta harus terbuka dengan segala pendapat atau ilmu yang masuk dalam diri kita, kita harus hormati, jangan langsung berpendapat syiriklah, bid ah lah. yang baik diambil yang jelek jangan, q yakin di hati nuranimu paling dalam sekarang bertanya - tanya juaga.

A  : lantas kamu tau jawabanya ?

B  : saya tidak tahu, kita itu masih kulit, masih cangkang, tapi aku yakin sesorang sudah mengetahui jawabnnya tapi q belum bertemu dengan dia. itulah pencarian sejati diri kita, tujuan hidup kita,sejatinya hidup hanya saja untuk menuju itu sangat tidak mudah itu menurut pendapat saya, versi saya, kalau kmu beda ya itu hak kamu.

A  : trus apa yg harus q lakukan.

B  : kalau kamu tertarik ya kamu cari trus lo dah daper jawabannya jangan lupa kasih tau ke aku, semantara untuk ini saya hanya bisa menasehati, silahkan kamu beribadah menurut keyakinan kamu, kamu sama aku sama-sama islam to ?!! brati kita sholat, puasa,zakat,sembahyang,pray dsb seperti ajaran kita, dan menghormati agama yang ada diseluruh muka bumi ini. maka dengan itu kedamaian antar agama akan tercipta.

A  : koq sembahyang ? sembahyang itu apa ?

B  : apa bedanya tuhan,allah,alloh,god,sang hyang widi, budha...itu cuma bahasa sama halnya sembahyang dari bahasa sang sekerta, dungo jawa, do'a indonesia, sholat arab, pray inggris, lak sama saja to bro ?!!

A  : iya sich cuma gak klop aja sama aku.

B  : makanya to jangan banyak makan cangkang kamu, cacingan ntar, hahahaha


إِنَّ الَّذِينَ آمَنُواْ وَالَّذِينَ هَادُواْ وَالنَّصَارَى وَالصَّابِئِينَ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَعَمِلَ صَالِحاً فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ وَلاَ خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلاَ هُمْ يَحْزَنُونَ

Sesungguhnya orang-orang mu’min, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang shabiin , siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah , hari kemudian dan beramal saleh , mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.Al-Baqarah (2) : 62


Demikian perbincangan saya dengan para sahabat saya , yang tentunya saya tampilkan dengan bahasa agak humor sedikit, bagi para pebaca yang sudah mengetahui jawabannya mohon sekirannya sedikit membagi info kepada saya yang bodoh ini. semua komentar yang masuk akan saya lindungi dan saya hormati, kalau bisa jawaban yang bersifat universal, jikalau jawaban berdasarkan ajaran agama,kitabpun saya terima dengan lapang dada dan senang.terima kasih

Salam cinta
















6 komentar:

  1. mas brow... dalam hidup kita hanya diwajibkan belajar bekerja beribadah/berdo'a bershukur dan bersabar. dalam kontek ini mas bro.. benar sekali tapi mas brow... pasti tau orang muslim yg taat tentu akan mengikuti semua ajaran rosulnya bagaimana beliau berprilaku dalam bermasyarakat yg selalu menghargai org lain tak terkecuali... jadi kalau mas brow... sudah faham tentang keyakinan mas brow.. tidak perlu bertanya kepada orang lain.
    tpi klo memang ingin belajar carilah orang yg anda anggap tepat tentunya separti orang yg ane sebutkan diatas dan terimalah semua pengetauan dengan iklas dan saringlah dengan kesadaran...
    ok mas brow.. salam.. semoga segera mendapatkan jawabanya.
    klo sempat mapir ke rumah ane..

    BalasHapus
  2. B : sebelum nabi muhamad seperti ismail,ibrahim,musa,isa apakah mereka beragama islam ?
    Kita harus tau dulu kalimat [Islam ]=Tunduk dan patuh pd perintah Allah dan berserah diri kepadanya
    Bukankah Seorang Nabi itu tunduk dan patuh berserah diri pd Allah?tentu Nabi itu tunduk dan patuh berserah diri padanya maka jawabanya semua Nabi itu Islam contoh ayat Alqur’an yg menunjukkan
    Nabi itu Islam
    ‘’Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang lurus lagi berserah diri (kepada Allah) dan sekali-kali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musyrik."{Ali Imron 67)
    ‘’Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Yakub. (Ibrahim berkata): "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam".[Albaqoroh 132]
    mereka ada sebelum islam ada, Apakah mereka Sholat, puasa?
    Jawabnya pada ayat ini
    ‘’ Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: "Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang tawaf, yang iktikaf, yang rukuk dan yang sujud".[Albaqoroh 125] sedikit keterangan :suju dan rukuk itu amalan orang yg melakukan sholat
    Masing2 nabi punya syariat tersendiri walaupun sholat tapi tidak seperti syariat nabi Muhammad yaitu melakukan 5 waktu

    B : Bagaimana dengan saudara kita yang hidup di pedalaman - pedalaman, pernah lihat TV etnic runway ngak ? lo ngak brati kamu manusia purba , hehe!! jangankan agama, mereka berpakaian aja belum, belum bisa baca, tulis apalagi tau tentang agama, mereka belum tau agama , belum tau islam , kristen,hindu, katolik,budha dll. apakah mereka kafir ?!! masuk neraka bro ?!!
    lalu bagaimana dengan orang yang bisu, tuli, dan buta dari lahir, dia tidak dapat mendengar, membaca, dan mengucap dan tentunya dari lahir tidak akan bisa mendengar apa itu agama, apa itu sahadat,apa itu sholat dsb.
    Jalaban ayat ini
    ‘’Barang siapa yang berbuat sesuai dengan hidayah (Allah), maka sesungguhnya dia berbuat itu untuk (keselamatan) dirinya sendiri; dan barang siapa yang sesat maka sesungguhnya dia tersesat bagi (kerugian) dirinya sendiri. Dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, dan Kami tidak akan mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul.[Al Isro’ 15 ]
    Imam Asy-Syathibi berkata :

    جرت سنته سبحانه فيخلقه : أنه لايؤاخذ بالمخالفة إلا بعد إرسال الرسل ، فإذا قامت الحجة عليهم؛ فمن شاء فليؤمن، ومن شاء فليكفر، ولكل جزاء مثله

    “ Telah berlaku sunnah Allah Ta’aala bahwasanya Allah tidak akan menghukum sebab pelanggaran (yang dilakukan hamba-Nya) kecuali setelah mengutusnya seorang Rasul. Jika hujjah telah ditegakkan pada mereka, maka siapa yang berkehendak, ia beriman dan siapa yang berkehendak ia kufur. Dan semua balasan berlaku sepatutnya “. ( Mahasin At-Takwil lil Qaasimiy : 10/312)

    BalasHapus
  3. Athiyah Fadhillah==>
    alhamdulillah...saya setuju dengan penjabaran anda saudaraku.....semoga Allah SWT selalu melimpahkan berkahnya pada kita....amin...

    BalasHapus
  4. Setuju deh sama penulis....
    Saya walau seorang krosten tapi aq juga baca alquran dan belajar sejaranh hidup muhammad
    Karna alquran tata bahasa n urutannya agak sedikit membingkan maka aq langsung loncat aja ke tokoh utama islam.
    belajar kisah hidupnya dan apa saja wahyu2 yang muhammad sampaikan yg ada pada hadis para sahabat n buku kisah2 nabi muhammad
    kemudian aku bandingkan dengan tokoh utama dlm kristen.
    Yang ada pada perjanjian baru markus, matius , lukas
    Dan sekarang aq jg lagi belajar tentang agama budha
    Aq aga kesulitan klo budha susah nyari kitab sucinya jadi hanya sebatas tanya emba goole aja
    belajar kisah2 dewa dan ajaran2 apa saja yg mereka ajarkan
    kalau hindu belom sih....
    Saran saya ada baiknya tmn2 juga terbuka dan mau membaca n mempelajari kan ga dosa..lalu tentukan mana yg anda pilih setelah anda membandingkan semuanya mana yg anda RASA paling TEPAT


    kalau dalam alkitab sih



    BalasHapus
  5. Ini baru keren
    Cinta damai ya sob
    Jgn saling menghina
    Peace ma'man
    Hargai yg berbeda
    Dan jgn menghina
    Yg dihargai juga tau diri
    Saling introspeksi lah dan terus haus akan kebenaran

    BalasHapus